10 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama

Apakah baterai laptop anda sering mengalami lowbat atau cepat habis saat digunakan 1 jam atau lebih. Kalau anda mengalaminya, berarti batrei laptop anda sudah mengalami penurunan kinerjanya. Hal itu disebabkan oleh pemakaian laptop yang terlalu lama, mulai 12-15 Jam per hari. Penurunan kinerja batrei menjadi masalah utama pada laptop. Daya batrei cepat habis dikarenakan oleh kecepatan CPU, kinerja grafis tinggi serta jumlah RAM besar yang membutuhkan lebih banyak kekuatan.

10 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama

10 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama

Perusahaan pemroduksi laptop pun menyadari akan pentingnya pembaruan dan inovasi pada batrei laptop agar tahan lama dan mampu menyeimbangkan dengan perangkat komputer lainnya yang membutuhkan daya listrik yang banyak. Karena saat ini yang kita dengar adalah pembaruan perangkat komputer lainnya seperti processor, RAM, Harddisk dan lain-lainnya. Pembaruan batrei pun sudah, baca juga Cara Merawat Smartphone Agar Tahan Lama

Batrei yang sudah mengalami penurunan kinerja, tidak akan kembali seperti semula. Namun anda dapat melakukan perawatan terhadap batrei laptop anda agar penurunan kinerjanya tidak terjadi lagi dan masih dapat dipakai untuk beberapa tahun mendatang. Berikut kami sajikan beberapa cara merawat batrei laptop anda.

1.Untuk anda yang baru membeli laptop, usahakan agar anda mencarghernya selama 4-6 jam dalam keadaan laptop mati, hal ini dikarenakan batrei laptop baru masih kosong akan daya listrik, Charge sampe lampu indikator menunjukkan perubahan warna.

2. Jika anda menggunakan laptop dan memiliki akses listrik usahakan bahwa batrei laptop terlepas. hal ini dianjurkan untuk menghindari kebocoran arus listrik pada saat mengecas batrei yang bisa membuat batrei tidak tahan lama. Walaupun laptop modern sering memiliki sirkuit yang memastikan baterai tidak digunakan bila charge terpasang, tapi suhu panas juga bisa memperpendek usia baterai. Namun gunakan batrei saat anda tidak memiliki akses listrik seperti meeting, diluar ruangan atau saat presentasi.

3. Pastikan untuk menyetel konfigurasi daya batrei laptop anda saat anda menggunakannya, sebaiknya anda menggunakan power balanced dari pada high perfomance. Dan gunakan sleep jika anda ingin mematikan laptop secara sejenak, usahakan agar tidak terlau lama men-sleep laptop anda. Matikan dengan mode Shut Down jika anda tidak menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

4. Usahakan agar anda menggunakan layar terang seminimal mungkin, karena semakin terang layar yang anda gunakan, semakin banyak pula daya batrei yang digunakan. Layar yang terlalu terang juga tidak baik untuk perawatan LCD dikarenakan akan menghasilkan panas yang berlebihan.

5. Nonaktifkan Bluetooth atau Wifi jika tidak diperlukan. Jika anda menggunakan laptop tanpa perlu koneksi internet dan koneksi antar bluetooth, sebaiknya anda mematikan wifi dan bluetooth. Karena konsep Bluetooth dan Wifi adalah mengirim dan menerima signal walaupun Anda tidak menyadarinya dan ini akan menguras daya.

6. Tak hanya Bluetooth dan Wifi yang perlu anda matikan, matikan juga Screen Saver yang tidak perlu, sebab screen saver mengkonsumsi daya jauh lebih tinggi karena CPU aktif dan kartu video serta layar digunakan juga. Hal ini sama dengan menonton vidoe pada laptop.

7. Selain itu, menonaktifkan perangkat eksternal lainnya saat tidak digunakan juga perlu dilakukan karena perangkat eksternal tersebut juga mengkonsumsi daya batrei laptop anda, seperti Mouse, Joy Stick, Flashdisk, Mouse dan lain-lainnya.

8. Dari segi software, Periksa juga program startup dan program aktif serta menutup program yang tidak perlu. Sebab terlalu banyak mengaktifkan startup akan mengakibatkan batrei laptop loading lama. Hal tersebut akan banyak membutuhkan memori virtual yang berdampak banyak akses kepada harddisk.

9. Gunakan headset ketika sedang memutar media seperti musik atau video, sebab jika terlalu lama menggunakan speaker laptop akan banyak menggunakan daya batrei. Semakin besar volume yang digunakan, semakin besar pula daya batrei akan digunakan.

10. Update BIOS dan Driver. Hal ini dikarenakan produsen laptop selalu memberikan update terbaru kepada setiap seri laptop yang mereka produksi. Memperbarui BIOS akan memastkan bahwa Anda telah memiliki versi terbaru dan memberikan kompatibilitas maksimum dengan penghematan daya semua fitur sistem operasi.

10 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama | smsgratis | 4.5

Leave a Reply